Permainan Saham (1)

Betapapun hebatnya sektor moneter, ia tak dapat terlepas dengan sektor riil atau pelengkapnya. Maka seharusnya kembalikan posisi uang sebagai alat pembayaran, bukan diperlakukan sebagai komoditas. Perlakuan uang sebagai komoditas merupakan salah satu bentuk bisnis yang tidak sesuai dengan jiwa agama Islam, yaitu menekankan produktivitas.

Saham sebagai instrumen paling atraktif setelah deposito, obligasi, property dan emas. Setidaknya, dilihat dari volume perdagangan yang terus meningkat.

Hampir tiap negara memiliki bursa saham, dengan pengkodean indeks saham. Misalnya, indeks Nikkei Jepang, Hang Seng Hong Kong, Kopsi Korea dan indeks Dow Jones Amerika.

Bursa sebagai media yang mempertemukan antara perusahaan, investor dan negara. Perusahaan berkomitmen membagi sebagian porsi sahamnya kepada publik, dengan kompensasi mendapatkan dana segar guna mendukung operasionalisasi dan pengembangan perusahaannya. Dengan demikian pemerataan pendapatan masyarakat semakin meningkat, seiring membaiknya perekonomian suatu negara.

Seperti berbagai produk yang dipajang di mall, lebih 400 saham diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) tiap hari. Sekitar 60 persen transaksi perdagangan BEI masih dimotori secara aktif oleh investor asing.

Jadwal Transaksi

Jadwal diatur oleh Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam).

  • Senin s.d Kamis  pukul 09.30-12.00 (sesi I) dan 13.30-16.00 (sesi II)
  • Jum’at                     pukul 09.30-11.30 (sesi I) dan 14.00-16.00 (sesi II)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s