Geliat Ekonomi di Bawah Sanksi

Disanksi, Ekspor Minyak Mentah Iran Tertinggi Sejak 2008

Selasa, 20 Maret 2012
Data terbaru yang dirilis oleh Joint Organization of Data Initiative (JODI) menunjukkan bahwa ekspor minyak mentah Iran meningkat pada bulan Januari meski sanksi yang diberlakukan oleh Barat terhadap sektor minyak negara itu.

 Iran sebagai produsen minyak mentah terbesar kedua di Organisasi Negara-Negara  Pengekspor Minyak (OPEC), telah mengekspor 2.265.000 barel per hari pada Januari, dan merupakan angka tertinggi sejak Desember 2008. Demikian dilaporkan Bloomberg Senin (19/2).

Padahal AS telah menekan negara-negara konsumen minyak mentah Iran untuk mengurangi impor mereka dari Republik Islam.

Pada malam tahun baru 2012, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran, bertujuan mencegah negara-negara lain mengimpor minyak Iran dan melakukan transaksi dengan bank sentral Republik Islam.

Para menteri luar negeri Uni Eropa pada tanggal 23 Januari juga sepakat untuk menghentikan impor minyak mentah dari Tehran serta membekukan aset Bank Sentral Iran di Uni Eropa.

Sanksi tersebut akan efektif mulai tanggal 1 Juli 2012, guna memberikan kesempatan kepada negara-negara anggota Uni Eropa bersiap-siap menyesuaikan diri dengan kondisi baru dan menemukan alternatif pasokan minyak mentah selain dari Iran.  Langkah itu ditujukan memaksa Iran menghentikan program nuklir sipilnya.

Namun Iran berpendapat bahwa sebagai penandatangan Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Tehran berhak mengembangkan dan mendayagunakan teknologi nuklir untuk tujuan damai. (IRIB Indonesia/MZ)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s